Tips Kurangi Radiasi Gadget

siapa yang gak punya gadget di jaman sekarang sih. hampir 90% orang di dunia memiliki yang namanya gadget kan. nah tapi apakah semua orang yang punya itu juga tau kalau semua gadget mereka itu ternyata memiliki radiasi yang tinggi juga loh. gak percaya yuk simak apa itu radiasi dan cara kurangi radiasinya.

Tips Kurangi Radiasi Gadget


Radiasi

Dikutip dari wikipedia.com definisi radiasi adalah. "radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain". Orang awam sering menghubungkan kata radiasi ionisasi (misalnya, sebagaimana terjadi pada senjata nuklir, reaktor nuklir, dan zat radioaktif), tetapi juga dapat merujuk kepada radiasi elektromagnetik (yaitu, gelombang radio, cahaya inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, dan X-ray), radiasi akustik, atau untuk proses lain yang lebih jelas. Apa yang membuat radiasi adalah bahwa energi memancarkan (yaitu, bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi. Beberapa radiasi dapat berbahaya. radiasi di bedakan menjadi 2 yaitu :

  1. Radiasi ion dapat mempengaruhi atom yang terdapat dalam makhluk hidup, sehingga paparan radiasi ion ini dapat menimbulkan risiko kesehatan dengan merusak jaringan dan DNA dalam gen. Dengan cara merusak DNA dalam sel tubuh inilah bagaimana radiasi ion dapat menyebabkan kanker.
    Radiasi ion dapat menyebabkan kematian atau kelainan pada sel, dalam waktu sementara maupun permanen. Paparan radiasi dalam jumlah besar dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian dalam hitungan jam atau hari. Tanda-tanda Anda terkena penyakit akibat radiasi adalah mual, lemas, rambut rontok, kulit terbakar, dan berkurangnya fungsi organ. Radiasi ion juga dapat menyebabkan mutasi pada gen Anda, sehingga Anda dapat menurunkannya kepada anak Anda. Radiasi ion ini dapat ditemukan dalam unsur-unsur radioaktif, partikel kosmik dari luar angkasa, dan mesin sinar-x.
Tips Kurangi Radiasi Gadget

  1. Radiasi NON-ION. Anda setiap hari pasti menggunakan dan terpapar oleh radiasi non-ion ini. Barang-barang elektronik yang Anda gunakan ternyata menghasilkan radiasi non-ion. Kita dapat menemukan radiasi non-ion ini dalam microwave, telepon seluler, stasiun televisi, radio, telepon nirkabel, termasuk medan magnet bumi, kabel rumah tangga, dan peralatan listrik lainnya.

    Berbeda dengan radiasi ion, radiasi non-ion tidak mampu untuk memindahkan elektron atau mengionisasi atom atau molekul, sehingga  radiasi ini tidak sebahaya radiasi ion. Radiasi ini juga memiliki frekuensi yang jauh lebih rendah dari radiasi ion, sehingga mungkin tidak dapat membahayakan kesehatan. Namun, teori lain mengatakan bahwa paparan radiasi non-ion dalam frekuensi tinggi dan cukup kuat juga dapat menyebabkan masalah yang serius.

Dampak Radiasi Bagi Tubuh Manusia

Tips Kurangi Radiasi Gadget


Penyusun tubuh mahluk hidup terkecil adalah sel. Saat sel berinteraksi dengan radiasi ion, energi dari radiasi akan terserap ke dalam sel dan mampu mengakibatkan perubahan kimiawi pada molekul yang terkandung dalam sel. Perubahan kimiawi inilah yang dapat memicu terjadinya kelainan genetik yang lain.

Nah Sekarang kalian tau kan apa itu radiasi dan dampaknya. dan sekarang adalah inti tema kali ini yaitu cara menguranginya.

  1. jaga jarak saat ponsel "kerja keras".
    ponsel juga harus dijauhkan saat terhubung dengan BTS. misalnya saat berkendara dengan kecepatan tinggi, sinyal tinggal sedikit, dan baterai tinggal sedikit. karena saat berada dalam 3 kondisi tersebut radiasi smartphone kalian meningkat sangat tinggi.
  2. jangan dekat dengan anda.
    jauhkan dari anda saat anda tidur , dan alangkah baiknya hp di taruh dalam tas atau kantong khusus ketika tidak digunakan.
  3. jangan sering gunakan headset.
    karena smartphone dengan headset juga melepaskan energi RF meski tidak digunakan sama sekali.
  4. jangan percaya produk pengurangang radiasi.
    seperti dilansir komisi perdagangan AS (FTC).produk yang menghalangi dengan sinyal ponsel malah membuat sinyal bekerja lebih keras dan memancarkan sinyal RF lebih kuat.
Akhir Kata.
Jangan terlalu sering menggunakan gadget ya karena radiasi smartphone terlalu lama juga gak baik buat tubuh kita. 

0 Response to "Tips Kurangi Radiasi Gadget"

Post a Comment