Error Pada Driver | 1 menit Beres

Error Pada Driver | 1 menit Beres


udah pada tau kan apa itu driver. nah bagi yang belum tau apa itu driver pada computer aku akan jelasin sebelum kita tangani cara atasi error pada driver.

APA ITU DRIVER

Error Pada Driver | 1 menit Beres
sumber : google.com

Driver, pada dasarnya driver dalam artian bahasa indonesia adalah pengemudi. Nah pengemudi di dunia nyata dengan dunia virtual pastilah berbeda. di dunia nyata pengemudi kita ambil contoh pengemudi mobil bekerja dengan mengendarai mobil dan menggerakkan mobil tersebut tetapi tetap patuh terhadap pada rambu rambu lalu lintas. sama halnya dengan driver dunia maya atau driver komputer. driver komputer adalah suatu program yang diciptakan untuk mengendalikan dan mengatur perangkat keras yang tersambung pada komputer kita, tetapi masih tetap dalam konteks mengikuti rambu rambu yang di berikan sistem operasi

FUNGSI DRIVER

Error Pada Driver | 1 menit Beres
sumber : google.com

Driver Berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan software, dikarenakan sistem operasi kalian hanya mengidentifikasi beberapa driver saja, maka dibutuhkanlah driver sebegai tanda pengenal antara hardware dan sistem operasi tadi dan sebagai penghubung laju kinerja perangkat tersebut. 

semisal kita ingin print out tugas kita dan kita baru saja membeli printer baru lalu kalian hanya menancapkan usb printer ke PC kalian, dan kalian langsung print out dokumen kalian, apakah bisa dokumenya keluar dalam hasil cetakan?. tentu saja jawabnya adalah TIDAK. kenapa "tidak" karena disini sistem operasi yang kalian gunakan sama sekali tidak kenal dengan printer kalian maka dari itu mereka harus di kenalkan yaitu dengan driver nah setelah driver terinstall apakah udah bisa di gunakan?. jawabnya adalah belum, kenapa belum karena mereka belum di berikan jalur penghubung berupa port COM, atau port virtual agar mereka dapat tersambung. nah setalah kalian install dan jalur akses sudah tersedia maka kalian dapat melakukan print out tugas kalian.

KENAPA DRIVER BERBEDA BEDA


Error Pada Driver | 1 menit Beres
sumber : google.com

Apakah kalian sadar atau tidak sadar bahwa setiap merek, type, generasi setiap perangkat memiliki driver yang berbeda beda. semisal printer cannon mp190 tidak sama dengan IP1980, pertanyaanya kenapa tidak sama kenapa tidak dibuat sama saja ??. sebelum aku kasi tau jawabnya aku bakal kasi sedikit gambaranya. jadi kenapa semua tidak sama dan tidak dibuat sama karena setiap perngkat pasti memliki komponen yang berbeda setiap generasi dan setiap tipe, saya ambil contoh, manusia memiliki perasaan yang berbeda beda kan. nah sama dengan komponen . mereka sebagai satu kesatuan dan terdiri dari komponen berbeda, tidak mungkin driver A dengan komponen voltase 5v di samakan dengan Driver B dengan komponen voltase 12 V. jadi jawabnya adalah karena setiap generasi, type, merek, mereka memiliki komponen yang berbeda.

SOLUSI ATASI ERROR DRIVER

Terkadang driver yang kita install itu ada yang kliru install, tidak mau di install, kesalahan proses instalasi, dan berbagai penyebab lainya. ok langsung aja kita bahas cara mengatasinya. 

  1. Cek apakah driver itu cocok dengan perangkat keras kalian. jika kalian bingung dan tidak tau saya sayarankan gunakanlah driver pack.untuk kalian yang males download offline driverpacknya yang size nya 14GB lebih kalian bisa gunakan yang versi online yaitu 14MB.
  2. gunakan driver penyedia hardware. biasanya di website vendornya telah disediakan driver yang sudah dipastikan 100 % cocok dengan OS kalian.
  3. cek apakah OS terserang virus atau tidak. tidak bisa dipungkiri virus komputer adalah suatu yang sangat meresahkan bukan. karena saya pernah terjangkit virus sality killer pada tahun 2010 dan DVD ROM saya langsung tidak bisa digunakan dan printer saya menolak untuk tersambung karena sitem driver telah dirusak dan sebagai langkah percegahan printer dan dvd rom saya otomatis memblock akses mereka agar tidak terjangkit virus.
  4. apakah hardware  kalian rusak. terkadang hardware kalian lah yang bermasalah dan karena itu meski driver cocok sekalipun tidak bisa digunakan karena hardware kalian rusak.
  5. gunakan device manager yang ada di icon my computer lalu klik kanan dan pilih device manager. dan pilih update dengan klik kanan driver yang ingin kalian perbaiki
AKHIR KATA.
semoga artikel ini membantu pemahaman kalian dan jika kalian ingin terus mendapatkan update dari saya, jangan lupa untuk daftarkan email kalian di newsleatter website ini. sekian dari saya terimakasih.

0 Response to "Error Pada Driver | 1 menit Beres"

Post a Comment