5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru
Bagi pengguna Androidroot merupakan hal yang sangat menguntungkan. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika sistem Android sudah di-root seperti mendapatkan hak akses lebih dan performa yang lebih baik. Tapi, untuk sebagian orang, root merupakan hal yang rumit. Belum lagi perangkat yang di-root akan membahayakan keamanan smartphone atau tablet kamu, dan juga kamu akan kehilangan garansi. Situasi ini pasti sangat merugikan.
Apa kamu punya smartphone atau tablet yang sudah di-root dan ingin perangkat kamu kembali seperti semula? Ada banyak tutorial untuk root Android di luar sana termasuk di JalanTikus. Tapi, tidak banyak cara untuk melakukan unroot Android. Nah, ini dia cara unroot Android dengan aman.

1. Cara Unroot Android Menggunakan SuperSU.

Caranya sangat simple, buka aplikasi SuperSU, lalu pilih SettingScroll ke bawah dan pilih Full Unroot. Ikuti prosedurnya dan smartphone atau tablet kamu akan restart sendiri. Dengan begitu perangkat kamu sudah kembali normal.

2. Cara Unroot Android dengan Aman Menggunakan Aplikasi Lain

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru
Pernah menggunakan SuperSu sebagai alat unroot Android tapi gagal? Tenang, masih ada aplikasi lain yang bisa membantu. Tapi sayangnya aplikasi ini tidak bekerja di semua perangkat Android. Pilihan yang paling populer adalah Universal Unroot.
Aplikasi unroot HP tersebut bisa menyingkirkan hak akses root di smartphone atau tablet kamu. Tapi, aplikasi ini masih banyak kekurangan seperti yang dijelaskan tadi. Contohnya, aplikasi ini tidak bekerja pada perangkat Samsung akibat kompilasi dengan KNOX. Pada LG, perangkat akan di-unroot tapi statusnya masih rooted, berkat adanya LG's eFuse. Sayangnya aplikasi ini berbayar sekitar 13 ribu rupiah.

3. Cara Unroot Android Menggunakan File Manager

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru
Salah satu cara lainnya adalah menggunakan file manager. Kali ini kita akan menggunakan ES File Explorer(dengan mengaktifkan akses root di pengaturan). Caranya:
  1. Akses Main Drive pada perangkat, lalu cari system. Pilih, lalu pilih bin. Dari situ, hapus busybox dan su. Kalau kamu ngga ketemu, pindah ke step berikutnya.
  2. Kembali ke sistem folder dan pilih xbin. Kalau filenya di sana, hapuslah busybox dan su.
  3. Kembali ke sistem folder lalu pilih app.
  4. Hapus superuser.apk.
  5. Restart perangkat kamu.

4. Cara Unroot Android dengan Install OTA Update

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru
Nah, kalau kamu meng-install _update via_ OTA (Over The Air), maka akses root akan hilang. Jika kamu ingin smartphone kamu tetap di-root, maka kamu harus melakukan root lagi. Kalau tidak, kamu tinggal membiarkannya saja. Kelemahannya tentu saja kamu harus menunggu kapan update tiba. Jangan lupa untuk uninstall SuperSU atau aplikasi lain yang berhubungan dengan root.

5. Cara Unroot Android dengan Install Stock Firmware

5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru
Mengembalikan firmware asli perangkat adalah cara yang paling ampuh untuk melakukan unroot. Cara ini berkerja dengan baik karena firmware punya semua software yang dibutuhkan. 

0 Response to "5 Cara Mudah Unroot Smartphone dan Tablet Android Terbaru"

Post a Comment